Sunday, August 18, 2019

Cara Melihat Jumlah Pencarian Produk di Marketplace

Cara Melihat Jumlah Pencarian Produk di Marketplace

Setiap system atau algoritma Marketplace mencatat / record KEYWORD APAPUN yang ditulisankan dikolom pencarian mereka, ada marketplace yang membuka data itu dan ada yang menyembunyikannya. Shopee termasuk salah satu MP yang membuka data pencarian (dengan syarat).

Misalkan, ada berapa pencarian dengan kata kunci “sepatu bayi” selama satu bulan terakhir. Itu bisa ketauan. Darimana taunya?

Buka tabs “Promosi Saya”=>  "Iklanku", kemudian coba buat iklan. (saya anggap anda sudah punya minimal satu produk yang diupload seperti intruksi di step 1, karena untuk melihat jumlah pencarian harus test iklan)

“Tambahkan kata pencarian”, sampai ketemu tampilan seperti dibawah ini. Contoh: kata kunci “sepatu bayi”.





Tidak saya ScreenShot semua. Dari situ bisa ketauan berapa banyak pencarian kata kunci  “sepatu bayi” dan berbagai variasi kata kunci “sepatu bayi” beserta jumlah pencariannya. Data ini adalah volume data pencarian satu bulan terakhir. 

Ini berarti, SAAT MEMBUAT JUDUL/NAMA PRODUK LIHAT SEBERAPA BANYAK JUMLAH PENCARIAN YANG ADA DISITU.
(pake capslock nulisnya untuk nandain poin ini penting 😁)

Jangan buat Nama Produk yang ga ada pencarian di Marketplace itu, kenapa? Ya ga ada yang nyari ngapain dijual.

Karena cara berjualan di MP adalah kita menyediakan produk yang emang dicari calon pembeli. beda kalau iklan di facebook misalkan, kita menawarkan produk kepada orang yang berpotensi untuk beli.

Sampai sini faham ya..

Saya ulang, Dalam membuat Nama Produk buatlah variasi kata yang ada disana, lihat seberapa banyak jumlah pencariannya, bahasan ini bukan hanya pada cara membuat nama produk tetapi juga Riset Produk Apa yang akan dijual? Yang seperti apa yang dijual di MP? Yaitu produk yang ada pencarinya, darimana liatnya? Dari jumlah pencarian keyword, cuma untuk Riset Produk  nanti ada bahasan lebih detail lagi.

Untuk yang belum punya akun seller shopee silahkan bikin dulu,,,silahkan explore fitur2nya, biar nanti bisa sambil praktek. Untuk nama toko ga usah bingung, yang perlu diperhatikan adalah:
  1. Nama toko yang paling penting mudah diingat
  2. Nama toko boleh menggunakan Keyword sesuai Niche atau bisa juga kategori kalau mau jualan dikategori tertentu. ini membantu kalau ada yang melakukan pencarian misalkan, Jilbab.. nanti nama toko akan muncul dihasil pencarian kalau ada yang ketik keyword yg mengandung kata Jilbab.

Udah dua poin itu aja dalam menentukan nama toko

5 comments:

  1. Glad to visit the Satta King online game website. If you have a good player then can play any game you will win, but here in Satta world just a luck that make you a winner or millioner. Here are many best option, just visit on below link to play satta King:


    Satta King

    सट्टा किंग

    all india satta king

    india satta king

    sattaking india

    sattaking

    gali satta


    These are some services we offer at Satta King India, Checkout now.

    ReplyDelete
  2. analysis marketplace and see the number of keywords searches on a daily basis is a best SEO Practice. For professional analysis you need to hire a seo marketing company. It may help you in both marketing and SEO purpose.

    ReplyDelete
  3. Are You Good at Satta Matka Guessing Number? Then You have to must Visit Our Satta Matka Kalyan site. We Provide the super-fast Daily updated Kalyan Matka Results, Kalyan Satta Results, Dpboss Matka, Kalyan Chart Matka, Kalyan Satta India Result from here.

    ReplyDelete
  4. Exploring 'The Number of Product Searches on the Marketplace' unveils a captivating subject, illuminating how consumers are progressively turning to online platforms to discover products. With the rise of e-commerce, the marketplace has evolved into a central node for a multitude of services, including air freight services solutions.

    ReplyDelete