Sunday, August 18, 2019

Cara Membuat Judul dan Deskripsi Produk di Marketplace

Cara Membuat Judul Produk

Cara Membuat Judul dan Deskripsi Produk di Marketplace


POIN PERTAMA : Bagaimana Merangkai Judul/Nama produk?

Seelumnya sudah dijelaskan bagaimana melihat jumlah pencarian produk tertentu berdasarkan Keyword dan untuk merangkai nama produk harus berdasarkan variasi kata yang ada dijumlah pencarian itu:

Logic nya seperti ini:

Misalkan yang dijual adalah dompet wanita bahannya dari kulit

Keyword: 

“Dompet Wanita” punya banyak variasi kata pencarian, calon pembeli bisa mengetikan kata:
“Dompet wanita” misalkan jumlah pencariannya ada 34ribu
“Dompet wanita kulit” jumlah pencarian 20ribu
“Dompet wanita lucu” jumlah pencarian 15ribu (entahlah saya jg ga ngerti kenapa wanita harus menyertakan kata lucu untuk sesuatu yang dia suka)
“Dompet wanita impor” jumlah pencarian 10ribu
“Dompet wanita elegan” jumlah pencarian 13ribu
dan masih banyak lagi…

Kalau kita hanya menulis nama produk hanya “Dompet Wanita” saja, berapa ribu POTENSI PENCARIAN yang dilewatkan, karena ada variasi kata lain yang dicari…

kalau nama produknya adalah  “dompet wanita kulit” => pencarian lebih spesifik yang sebenarnya sesuai dengan produk yg dijual yaitu Dompet Wanita Kulit 

DAN walaupun calon pembeli hanya megetikan kata kunci “Dompet Wanita” saja , potensi nama produk “Dompet Wanita Kulit” akan muncul dipencarian  KARENA didalamnya terkandung kata “Dompet Kulit” 

Dengan seperti itu berarti memperbanyak potensi produk untuk muncul dihasil pencarian.

Belum lagi kata kunci lainnya “Dompet Wanita Lucu” “Dompet wanita elegan” dll

Terus bagaimana cara merangkainya…

ada beberapa variasi:
anda bisa mengulang kata kunci utama “dompet wanita”

“Dompet Wanita Kulit Elegan Dompet Wanita impor Dompet wanita Lucu”

yang kedua bisa menggunakan kata sambung

“Dompet wanita kulit Lucu dan Elegan Impor”

Ga pantes ya nyambung kata lucu  dan elegan 😄

Tidak ada aturan baku yang terpenting disusun sedemikian rupa supaya mudah dimengerti walaupun sebenarnya saat orang cari sesuatu di MP jarang lihat judul lagi, karena dia akan fokus lihat produk yang disajikan dari hasil pencariannya. 

Penulisan nama produk diatas adalah supaya memperbesar peluang produk yang kita jual muncul dihasil pencarian yang terkait dengan kata kunci yang diketikan calon pembeli.

Penjelasan diatas sebutlah POIN PERTAMA yaitu menggabungkan variasi kata dari hasil pencarian..


POIN KEDUA: Menambahkan Sub Kategori Pada Nama Produk

Contoh: Anda menjual Sepatu Adidas, misalkan sepatu adidas yang buat lari.

Saat Upload Produk berarti masuk sub kategori Sepatu Running.

Urutannya seperti ini kalau dikategori shopee

Shopee > Olahraga & Outdoor > Sepatu Olahraga > Sepatu Running > Sepatu adidas

Ada 2 Sub kategori “Sepatu Olahraga” dan “Sepatu Running”

Ini bisa dimasukan kedalam nama produk, karena dua sub kategori itu sudah pasti banyak yang nyari juga (silahkan cek untuk membuktikan)

Tapi tidak semua sub kategori bisa dimasukan ke dalam nama produk, kalau tidak ada pencarian dengan kata didalam sub kategori itu.

Jadinya adalah penggabungan dari kata “Sepatu adidas……(kode atau nama kalo ada)”
kemudian “sepatu olahraga” dan “sepatu running” atau “sepatu lari” digabungkan juga dengan variasi kata pencarian untuk kata2 itu, bagaimana cari variasi kata pencarian -> lihat poin 1)

POIN KETIGA

JIKA produk itu memiliki ciri khas, varian, spesifikasi khusus maka perlu menuliskannya dinama produk. Karena menulis nama produk bukan hanya supaya muncul dihasil pencarian tetapi juga sesuai dan Tepat dengan apa yang sedang dicari calon pembeli.

Kalau misalkan yg anda jual kemeja warna putih dan banyak yang cari kemeja warna putih di search bar marketplace , tulislah KEMEJA PUTIH di nama produk, jangan cuma nulis KEMEJA saja.

Kalau misalkan yang anda jual iphone 7 , tulislah jangan hanya iphone saja.

Kalau peruntukannya untuk anak SD tulislah misal Tas Sekolah SD, jangan hanya nulis tas sekolah

Kalau berkaitan dengan gender tertentu tulis juga

Itulah 3 POIN penting dalam penulisan nama produk dengan menggabungkan ketiganya dalam penulisan nama produk. 

Cara menggabungkannya bebas, yang penting enak dibaca dan kalau mau menambahkan kata penghubung boleh saja biar enak dibaca tetapi untuk tanda baca seperti “-“ atau garis miring “/“ tidak akan mempengaruhi hasil pencarian. misalkan jualan kartu e-toll ditulisnya etoll, sama saja
mesin pencari marketplace bacanya sama. 
Tetapi tetap usahakan 50 huruf pertama pada nama produk mudah dibaca karena itu yang terlihat pada user shopee saat sedang mencari produk

Dengan algoritma mesin pencari yg mengabaikan kata bukan atau no , akibatnya banyak dimanfaatkan untuk melakukan tindakan tricky, ga banyak sebenarnya cuma kalau saya tulis disini jadinya tambah banyak mungkin😃

Contohnya begini:
Saat anda menjual sepatu olahraga untuk lari dengan merk XXX
Untuk menambah potensi pencarian pada produk yg anda jual

Jadinya menulisnya “Sepatu Xxx Sepatu olah raga Sepatu Running Bukan sepatu adidas sepatu nike”

Padahal yg anda jual adalah sepatu XXX tapi karena sepatu dengan merk terkenal seperti adidas dan nike sudah pasti banyak yang nyari kemudia anda menyertakan Keyword itu pada nama produk.. walaupun ada kata bukan atau kata no pada nama produk, tetap mesin pencari MP berpotensi menampilkan produk anda pada saat orang mencari sepatu adidas atau sepatu nike. 

Dan itu menambah peluang untuk muncul, yang tadinya orang emang beneran cari sepatu lari nike karena sepatu yg anda jual ikutan muncul bisa saja jadinya beli produk anda karena sama2 sepatu lari.

Sebenarnya dari nama produknya tidak ada yg salah, kalau protes kenapa bisa muncul "ini kan udah ditulis BUKAN sepatu adidas atau nike, jd bukan salah saya dong kalau produknya ikutan muncul dihasil pencarian ini salah mesin pencarinya" 

Bisa saja anda beralasan seperti itu, Saya memberitahu kelemahan mesin pencari MP, tapi tidak menyarankan anda memanfaatkan kelemahan itu, Terus ngapain ngasih tau ya 😃

Jangan ya... kalau ketauan bisa dibanned produknya mendingan pake kombinasi kata pencarian yang relevan seperti yg diajarkan di poin satu.

Cara Membuat Deskripsi Produk

Untuk yang Dropship buatlah deskripsi yang berbeda , jangan hanya copy paste dari supplier… kalau spesifikasi produk boleh copy paste karena memang harus sesuai tetapi lebih baik lagi dibuat penjelasan lebih detail.

Secara garis besar, cara membuat deskripsi produk pada MP hampir sama seperti deskripsi produk pada landing page website dan satu hal yang harus diperhatikan adalah Mengetahui siapa / untuk siapa produk itu (buyer persona) sebelum membuat deskripsi.

Apa saja yang harus dijelaskan

Menjelaskan Fitur dan Benefit dari Poduk, serta Keunikannya Jika Ada

Jangan hanya menulis : 

"Dompet ini terbuat dari kulit dan memiliki 3 sekat:

Tetapi Lebih bagus lagi dijelaskan seperti misalnya:

"Dompet ini memiliki 3 sekat, samping kiri dan kanan serta tengah, samping kiri bisa digunakan untuk menyimpan kartu, samping kanan berukuran lebih besar bisa anda gunakan unutk menyimpan handphone bahkan powerbank juga bisa. dan bagian tengah yang dilengkapi  resleting bisa digunakan untuk menyimpang uang kertas dan didalamnya ada kantong kecil yang bisa digunakan untuk menaruh koin. Dompet ini berbahan kulit anti air dan anti api serta anti peluru."

Contohnya begitu, berikan informasi yang jelas kemudian spesifikasi seperti contoh diatas, dijelaskan juga jangan hanya menuliskan  Bahan : Kulit, tapi jelaskan dari spec itu, gali lagi apa infirmasi yang bisa diberikan 

Sebutkan Manfaatnya dengan Jelas 

Selain itu, bisa juga kelebihan bahan yg digunakan. Jika produk itu memiliki beberapa varian jelaskan juga masing-masing varian bedanya apa. Jika produk itu membutuhkan perawatan jelaskan juga cara perawatannya seperti apa.

Garansi atau Jaminan

Kalau barang itu ada garansi, jelaskan karena itu memberikan nilai tambah, garansi itu berlaku dengan syarat seperti apa. 

Misalkan: 100% uang kembali jika produk yang anda terima tidak sesuai dengan gambar dan deskripsi yang kami berikan

Cantumkan Diskon atau Potongan Harga atau Bonus 

Bila ada diskon atau potongan harga atau bonus, tuliskan juga dideskripsi. Misalnya:

"Beli Dompet ini gratis gantungan kunci lucu."

DAN hal yang penting lainnya dari deskripsi untuk membantu dalam SEMO adalah menyisipkan KATA KUNCI dari nama produk.  MInimal di 3 bagian:
Paragraf pertama, tangah dan akhir.. Tapi jangan melakukan spamming kata kunci yang tidak ada hubungannya dengan deskripsi.

Kalau di Shopee disediakan juga untuk menulis # Hastag, tulislah variasi kata kunci dari nama produk.

4 comments:

  1. Postingan2 kaka sangat mencerahkan, bikin sy semangat lagi buat belajar jualan di MP. Makasih banyak kak, di tunggu postingan2 lain nya. Sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Mantap ilmunya, klo bisa ajarkan cari kata kunci, termasuk kata kunci turunan ��

    ReplyDelete
  3. Optimize your meta title and meta description is the best seo practice but many peoples did not know how to set meta title or description. For this you need to find the best seo agencies so you can easily optimized you website by experts.

    ReplyDelete
  4. Not only do they attract potential buyers, but they also provide essential information about the product. When crafting product titles and descriptions, it is important to consider the keyword university of leeds assignment writing services and incorporate it effectively.

    ReplyDelete