Sunday, August 18, 2019

Faktor-faktor penting dalam Berjualan di Marketplace

Faktor-faktor penting dalam Berjualan di Marketplace

Faktor-faktor penting berjualan dimarketplace dan cara kerja algoritma marketplace secara umum, tentu saja secara umum karena namanya algoritma system tidak ada yang tau detailnya selain yang punya sistem itu, seperti halnya algoritma SEO di Google, tidak ada yang tau secara persis cara kerjanya selain pihak google sendiri.

Ada 4 faktor penting yang perlu diperhatikan:

1. SEMO

Apa itu SEMO? jangan googling karena ga ada,  istilah itu saya yang bikin :)
Kalau di Google kita mengenal SEO (Search Engine Optimization) dimarketplace ada yang namanya Search Engine Marketplace Optimization.

Saat mencari produk dimarketplace calon pembeli mengetikan  nama produk yang mereka cari di Search Bar (kolom pencarian) yang ada dimarketplace.

Cara kerjanya mirip2 Search Engine google, kalau kata yang diketikan ada dalam database MP, sesuai disini maksudnya adalah secara KEYWORD atau Sesuai secara Istilah Lain dari Keyword itu ATAU sesuai secara kategori tertentu dari KEYWORD itu dan MP akan menyajikan sejumlah rekomendasi produk yang dicari calon pembeli sesuai kata kunci yang diketikan.

Contoh: saat mengetikan Keyword Jilbab tapi kata kunci Kerudung atau Hijab atau Khimar juga ikut muncul dipencarian, ini berarti istilah lain dari KEYWORD Jilbab sudah terbaca oleh system karena orang yang cari Jilbab Biasanya mengetikan kata atau istilah lain.

Bisa juga muncul parent category atau sub category dari KEYWORD itu, karana ada keyword yang merupakan nama kategori atau sub kategori.

Ini Berarti Selain penulisan KEYWORD yang tepat  sangat penting juga memilih kategori yang sesuai dengan produk yang di jual, secara algoritma berfungsi selain membantu SEMO juga memberikan Sugesti/rekomendasi saat calon pembeli mencari produk yang related secara Nama atau secara kategori Bahkan beberapa marketplace sudah bisa mengidentifikasi gambar, jadi saat mencari produk tinggal upload gambar maka mesin pencarinya akan mencari gambar yang sama atau mirip dengan gambar yang diupload pembeli.

Cara pencarian berdasarkan photo produk

Karena satu produk kalau yang jualnya banyak dan semua bersaing untuk dihalaman pertama MP. dan faktanya pembeli kebanyakan membeli dari halaman atas. Karena itu saat Upload produk jualan di MP sangat penting memberikan kata kunci yang sesuai DAN juga kategori yang tepat.

Fungsi dari penamaan kata kunci tidak hanya untuk pencarian diinternal MP saja, tapi secara SEO google juga akan dimunculkan , karena banyak juga calon pembeli gooogling terlebih dahulu untuk mencari produk , dan yang muncul selain pencarian organik juga akan muncul digoogle shoping dan iklannya juga kebanyakan iklan dari marketplace :)

Penulisan KEYWORD di marketplace yang paling penting adalah dijudul, tapi bukan berarti deskripsi ga ngaruh, tetap berpengaruh.

SEMO akan dibahas lebih detail lagi, bagaimana Membuat Keyword di Judul dan Deskripsi.

2. PHOTO PRODUK

Anggaplah keyword sudah tepat dan membantu muncul dihalaman teratas. Kalau ada 2 atau lebih produk yang sama muncul dihalaman atas dan dari segi harga SAMA, pembeli mau liat produk yang mana? (abaikan review dan reputasi toko dulu). 

Apapun jualannya yang namanya jualan online yang anda jual adalah “gambar”, 
“nggak kok saya jualan pake video”  itu namanya gambar gerak! 

Gambar atau photo produk seperti apa yang Clickable dan memancing calon pembeli untuk klik dan melihat. Jangan dulu beli, lihat aja dulu karena membeli adalah langkah selanjutnya saat calon pembeli klik dan lihat jadi ditengah persaingan yang ketat tampilan produk sangat penting untuk diperhatikan.

Terlebih seperti penjelasan diatas (pada bagian SEMO) memungkinkan marketplace untuk searching berdasarkan photo. Jadi jangan asal2an. Yuk cari tahu bagaimana cara membuat foto produk yang menarik.

3. HARGA

Walaupun setiap marketplace menyediakan fitur shortlist berdasarkan harga termurah atau termahal selalu ada peluang untuk dibeli pada level harga manapun selama standar harganya tidak melebihi “keumuman” harga yang ada dipasaran. Oleh karena itu, strategi penentuan harga juga penting, kalau yang jual produk sejenis ada banyak maka perlu dibuat harga yang kompetitif, harga kompetitif bukan berarti harus banting harga semurah2nya. Pembahasan mengenai penentuan harga produk, klik di sini.

4. RATING DAN REVIEW

Faktor penting lainnya yang menentukan keputusan membeli konsumen diMP adalah Rating dan Review produk dan juga termasuk didalamnya reputasi toko.  ini berkaitan dengan penjualan dan respon penjual/pelayanan/pengiriman/kualitas produk.

Apa saja yang mempengaruhi keputusan membeli dilihat dari rating dan review? 

  • Last Online/ Lasty active, sama seperti toko offline semakin awal buka toko atau terlihat buka maka akan diasumsikan bahwa toko itu aktif dan siap melayani pembeli. Pembeli di MP pun melihat keaktifan penjual sebagai salah satu kriteria yang mempengaruhi keputusan membeli ditoko tersebut. Last Online/ Last Active, indikasi kapan terakhir sipenjual login ditokonya.. kalau ada dua toko yang menjual produk yang sama. Toko A last onlinenya 7 menit lalu dan toko B last onlinenya 7 minggu lalu. Kalau anda sebagai pembeli mau beli ditoko yang mana?
  • Balas inbox/chat atau diskusi produk, kecepatan membalas pesan mempengaruhi keputusan membeli, karena biasanya pembeli yang aktif bertanya dia akan chat ke beberapa seller dan yang responsif akan mendapat prioritas utama untuk dibeli. jangan sampai pembeli bilang “maaf saya sudah pesan dilapak lain karena respon anda lama” masing-masing MP sudah memiliki perhitungan tersendiri untuk menentukan tingkat responsif seller dan ini sudah menjadi bagian poin penting dalam penilaian reputasi toko dan juga visibilitas toko atau produk dimesin pencari Marktplace (SEMO)
  • Meminimalisir Retur dan Cancel, bukan hanya berpengaruh terhadap rating atau review dari pembeli, tapi terlalu banyak cancel order bisa berpengaruh visibilitas dari produk yang dijual. Visibilitas disini bukan hanya  mempengaruhi hasil dari urutan pencarian tapi bisa diblokir atau deaktif.

Itulah beberapa faktor penting kalau mau jualan di MP. 

2 comments:

  1. Rating and reviews are the things which are often ignored by small businesses. These are two very important factors to build brand dignity and trust among customers. I build audience trust for my online laptop backpack shop only through quality products and appreciative reviews.

    ReplyDelete
  2. backpack Pakistan on low-cost best laptop Laptop backpacks bags price in Pakistan. At Laptoplelo, we offer messenger bags, sleeves, classic bags, premium bags, backpacks, travel bags, rollers, and MacBook bags of reputable brands such as Targus, genius, Logitech, Tucano, and verbatim.

    ReplyDelete